Business Blind Spots

Tuesday, February 05, 2008

Ada buku lumayan lama dari Benjamin Gilad ( Ben Gilad ) berjudul "Business Blind Spots". Ben Gilad ini adalah salah seorang founder Academy of Competitive Intelligence. Di dalam buku itu disebutkan ada beberapa area dimana perusahaan sering "buta" dalam mengevaluasi diri sendiri dalam rangka membuat strategi. Area-area itu adalah :

Operational Blind Spots. Perusahaan sering mengira bahwa segala sistem dan proses operasional di dalam perusahaan sudah merupakan yang terbaik. Biasanya perusahaan baru tersadar akan kekurangan bila terjadi kegagalan dalam sistem akibat hal-hal yang sebelumnya tidak terprediksi.

Corporate Myths. Perusahaan sering tidak benar-benar tahu kenapa produk-produknya populer dan juga kenapa produk ini disukai sementara produk yang lain tidak.

Taboo Topics. Pihak manajemen internal sering beranggapan bahwa merekalah yang paling mengerti tentang market, sehingga masukan yang berseberangan atau berbeda kadang dianggap tabu. Padahal masukan dari sudut-sudut yang berbeda berguna untuk menguji sebuah strategi, bahkan kadang menimbulkan strategi baru yang sama sekali berbeda dan out of the box.

Untuk menghidari hal itulah, maka diperlukan riset sebelum menentukan strategi, juga dalam melakukan perubahan strategi

What do you think ?



posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia

picture taken from here

1 comments:

LiSan Skywalker said...

Buku yang bagus, tapi kayaknya termasuk bacaan berat juga yah ^o^