Akhirnya New Corolla Altis Datang Juga

Thursday, February 21, 2008

Setelah Honda beberapa waktu terakhir menjadi market leader untuk sedan kelas 1800 cc dengan All New Civic-nya , maka akhirnya Toyota meluncurkan Corolla Altis dengan desain baru untuk merebut kembali tampuk market leader di kelas itu. Seperti dituturkan oleh pak Achmad Rizal dalam acara "Blogger Luncheon with Corolla" kemarin di Ritz-Carlton, mereka menyadari bahwa All New Civic mampu menggeser market share dari Corolla Altis semenjak All New Civic diluncurkan dengan desain baru.

Di Indonesia, saat ini Toyota memang sedang berusaha mempertahankan kedigdayaannya menghadapi kompetitor-kompetitor yang menggempur market share yang mereka miliki. Toyota bersaing secara head-to-head dengan Honda untuk beberapa kategori mobil. Yaris vs Jazz, Vios vs City, Altis vs Civic, dan Camry vs Accord. Sementara itu, di kelas lain, Toyota mulai menghadapi Nissan Grand Livina yang secara cerdik menaruh varian mobil yang beragam (dari atas ke bawah) untuk mengisi kekosongan ceruk harga yang ditinggal Kijang Kapsul hingga secara langsung bertarung dengan Innova.

"The ability to learn faster than the competition is often the only sustainable competitive advantage a company can have"
-- Arie de Geus
Tapi kompetisi memang diperlukan untuk melahirkan kreativitas dalam marketing. Setelah sebelumnya Toyota (TAM) dikenal dengan strategi menciptakan buzzword jauh sebelum peluncuran mobil barunya, yang terbukti sukses dengan Toyota Avanza, maka saat ini TAM melakukan langkah kreatif juga dengan mencoba membuat buzzword di dunia maya dengan melibatkan para blogger. TAM sudah melihat besarnya komunitas blogger, serta tulisan para blogger dapat membantu proses komunikasi dari produk-produknya di internet, sehingga TAM pun berinisiatif "merangkul" para blogger. Selain saya, "Blogger Luncheon with Corolla" sendiri kemarin dihadiri oleh beberapa blogger seperti ndorokakung lelananging jagad, pitra , paman tyo, mbelgedez yang kartu namanya unik, pak nukman, mas roni ,Ong Hock Cuan , dan dr Erik Tapan.

Semoga ini bukan launching terakhir yang melibatkan para blogger :-)

posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia

17 comments:

paman said...

bos, mobila dalah satu hal, dan ingat lokasi pakir adalah hal lain. bukan begitu bukan? :D

Mbelgedez said...

Sayah malah kepikiran;

Kok malah kita nyang jadi PR nya TAM yah...???

(Mesti minta royalti, negh....)

Laksono said...

wah seru ya mas peluncuran produk baru sekarang yang diundang blogger biar sekalian minta di promosiin :D, sekalian minta ijin tak link ya mas.

andri said...

#paman
betul paman, seperti yang kita bahas di lift itu

#mbelgedez
mereka yang PR, tapi manfaatin kita sebagai media :-)

#laksono
moga-moga akan berlanjut mas. silahken di link

tukangkopi said...

yak, strategi penciptaan buzzword dengan merangkul blogger ini merupakan strategi yang brillian. walaupun mungkin terkesan setengah2 karena masih mencoba2. tapi saya yakin kalo di masa depan para produsen bisa lebih down to earth dengan para blogger, pasti akan banyak input dalam menciptakan sesuatu yang customer oriented yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan penjualan dan memuaskan konsumen.
*halah, ngomong asal* :D

ndoro kakung said...

jadi posisi blogger itu sekarang sudah berubah, from zero to hero, ya?

mau said...

Semoga saja produk toyota yang ini bukan avanza! yaitu produk yang hanya menampilkan fisik yang bagus, tanpa kualitas yang teruji sehingga hampir merenggut nyawa penumpangnya disebabkan PATAH AS RODA BELAKANG KIRI (CACAT PRODUKSI). Hal tsb tak mungkin terjadi pada mobil baru yang melewati proses quality control yang layak! Jangan2 toyota hanya mampu memproduksi tanpa mempedulikan keselamatan penumpang!

Sekedar mengenang kecelakaan avanza pada 4 nov 2005 saya kutip dari millst bumi-serpong@ yahoogroups.com tulisan komplain dari Bapak Muhammad Fathullah, yang kakaknya alhamdulillah selamat dari kecelakaan maut dg avanza barunya.

HATI-HATI PEMAKAI AVANZA RAWAN KECELAKAAN !

Berikut ini adalah pengalaman yang dialami oleh kakak saya sebagai pemakai toyota avanza ingin menyampaikan himbauan kepada pemakai Avanza dan sekaligus proteskepada PT. Toyota Astra Motor sebagai pemegang merek Toyota Avanza.

Kejadian yang dialaminya pada tanggal 4/Nopember/2005, Hari Lebaran ke-2) sungguh membuat kakak saya sekeluarga Hampir terenggut nyawa. Mobil kakak saya Avanza, D 1264 GZ. terbalik dan berputar- > putar (seperti gansing dengan ke-4 roda diatas) di Tol Cipularang, km 104 arah ke Bandung. Hal ini akibat roda kiri belakang terlepas karena patah as. Lokasi patahan tersebut terdapat di dalam rem tromol belakang (foto inset). Sementara pada roda yang terlepas masih menempel ke-4 baut pada tromolnya. Melihat bentuk patahan tersebut (seperti butiranpasir), kemungkinan karena patah getas. Mobil kakak saya badannya hancur, hanya satu pintu yang bisa dibuka. kakak saya bias keluar pada saat terbalik melalui kaca belakang yang sudah pecah. Beruntung, kakak saya luka-luka ringan dan hanya perlu dijahit. kakak saya sebagai pemakai toyota avanza sudah merasakan resiko kematian ketika menggunakan mobil itu. Setiap kali melihat avanza kakak saya merasa trauma akan kecelakaan.

Kami menuntut pihak PT. Toyota Astra Motor untuk menjelaskan bagaimana mobil yang baru 1 tahun (bulan 11 tahun 2004) kakak saya pakai sudah mengalami patah as. kakak saya juga meragukan bagaimana kontrol kualitas yang dilakukan pada saat mobil tersebut di produksi? Apakah karena mobil tersebut murah (relatif), lalu nyawa kami juga dihargai dengan murah ? kakak saya juga menuntut pihak yang terkait untuk menjamin agar kakak saya bisa mengendarai mobil tersebut dengan aman.

kakak saya tidak tahu apakah pihak Toyota akan mengganti mobil kakak saya yang sudah ringsek itu karena kesalahan produksi.Yang jelas itu hanya satu-satu mobil yang kakak saya miliki.

Saya hanya menghimbau kepada khalayak umum, bahwa menggunakan mobil avanza berisiko kematian….Pengalaman kakak saya membuktikan. Kondisi Avanza akibat patah as roda belakang kiri , Kondisi mobil akibat patah as 04 Nop 2005. Patahan berupa butiran pasir akibat patah getas (cacat produksi)

Muhamammad Fathullah
Komplek Eramas 2000 Blok E2 7
Jakarta 13950

Lihat foto-foto mobil avanza kecelakaan tersebut disini
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=3063&start=0

Rifqi said...

salam kenal n makasih dah mampir di blog.rifqibiru.com :D
btw emang keren tuh mobil...

salam,
Rifqi (www.rifqibiru.com)

askep said...

banyak yang menunggu keluarnya toyota altis ini rupanya


watch hellcats
watch jersey shore episode
watch vampire diaries online

Anonymous said...

Halo Pak Andrias,
saya faisal,
mau numpang nanya-nanya nih pak, apakah bapak sendiri berminat dan tertarik untuk membeli mobil corolla altis itu sendiri dibandingkan dengan honda civic atau produk2 dari pabrikan lainnya?? soalnya saya sedang dilema antara membeli civic atau altis... mohon pencerahannya pak. Thank you.

ferry lazzuardo said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! mobil amerika

ferry lazzuardo said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! mobil amerika

ferry lazzuardo said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!mobil sport 2014

Dul lucky laki said...



terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Dul Lucky Laki

harga Honda Jazz bekas said...



Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Honda Jazz bekas

sherina said...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Sherina

ferry lazzuardo said...


terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami Piala Dunia 2014

sukses selalu