Rebranding atau Sekedar Ganti Logo ?

Wednesday, January 30, 2008

Sudah tahu kan kalau Bank Mandiri punya logo baru ? Pertanyaannya, apakah ini sekedar ganti logo atau merupakan bagian dari program rebranding ?

Menurut wikipedia (seperti saya pernah kutip sebelumnya) :

Rebranding is the process by which a product or service developed with one brand or company or product line affiliation is marketed or distributed with a different identity. This involves radical changes to the brand's logo, brand name, image, marketing strategy, and advertising themes. It usually results in the repositioning of the brand / company. It may just involve merely superficial changes. Rebranding can be applied to either new products, mature products, or even unfinished products. The process can be done purposely (for example as a result of a deliberate change in strategy), or result from unplanned, emergent, or reactive dynamics (for example out of necessity following corporate restructuring)


Bagaimana dengan logo baru Bank Mandiri ? Menurut informasi yang saya dapat dari website resmi Bank Mandiri :

cut

Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardjojo mengatakan bahwa peluncuran logo dan tag line (slogan) baru ini merupakan manifestasi visual program transformasi Bank Mandiri yang diluncurkan sejak 2006 lalu yang terdiri dari 3 fase.

cut

”Tahun 2008 yang merupakan awal dari fase Outperform The Market, merupakan saat dimana Bank Mandiri harus menciptakan momentum guna meraih berbagai kesempatan menjadi Regional Champion Bank. Dalam menciptakan momentum tersebut, kami memandang perlu untuk membekali diri dengan tampilan logo dan tag line (slogan) baru yang merupakan bagian integral dari proses brand transformation, serta merefleksikan jiwa baru Bank Mandiri”.

Perubahan logo sudah dipersiapkan dalam upaya melengkapi proses transformasi yang sedang berjalan dan akan dilakukan secara bertahap, efektif dan efisien dalam tiga tahun ke depan. Seluruh proses perubahan logo dilakukan sesuai dengan kondisi perusahaan dan kebutuhan pasar serta mengacu pada International Best Practice dan prinsip Good Corporate Governance.

“Logo baru Bank Mandiri yang menampilkan tulisan “mandiri” tanpa kata bank adalah sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia ke depan yang akan mengijinkan Bank untuk menjual produk-produk non Bank seperti reksadana, bank assurance dan produk-produk non bank lainnya, serta sejalan dengan rencana Bank Mandiri memiliki anak perusahaan non Bank”, paparnya.

Selain itu, warna biru melambangkan rasa nyaman, tenang, menyejukkan dan mencerminkan keseriusan serta tahan uji selain juga melambangkan kesetiaan, kepercayaan , kehormatan yang tinggi dan profesionalisme. Sedangkan warna emas dengan paduan warna orange menunjukan keagungan, kemuliaan, kemakmuran dan kekayaan. Warna keemasan tersebut juga sebagai penarik perhatian yang menunjukkan sifat aktif, kreatif, meriah serta merupakan warna spiritual.

Bentuk Gelombang Emas Cair merupakan simbol dari kekayaan finansial dimana lengkungan emas merupakan metamorphosa dari sifat lincah, progresif, pandangan ke depan, fleksibilitas serta ketangguhan dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan datang.

Sedangkan slogan baru “Terdepan, Terpercaya. Tumbuh bersama Anda”, mempunyai makna sebagai berikut: Terdepan merupakan perwujudan dari kerja keras dan profesionalisme untuk menjadikan Bank Mandiri selalu yang terdepan; Terpercaya merupakan perwujudan dari integritas dan sikap transparansi untuk menjadikan Bank Mandiri sebagai institusi perbankan yang terpercaya; Tumbuh bersama Anda merupakan perwujudan dari fokus pada nasabah dan dedikasi dari seluruh insan Bank Mandiri untuk tumbuh bersama Indonesia.

cut

Bagaimana pendapat anda ? Bagaimana anda melihat perubahan logo Bank Mandiri ini bila dibandingkan dengan perubahan logo Bank BNI, SCTV, XL atau yang lain ?


posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from here

11 comments:

Anonymous said...

Kayak ga ada bedanya antara tulisan bank dengan tidak ada, kalo tidak di bahas kayaknya saya tidak menyadarinya. Cuma menurut saya ga ada bedanya lah, toh orang taunya mandiri bank, image nya masi belum berubah ^o^

Anonymous said...

Menurut Saya rasa perubahan logo tidak perlu dilakukan oleh Bank Mandiri, kalau mau melakukan perubahan sebaiknya ya kinerja Bank tersebut yang perlu di tingkakan.

tuhu said...

Hmmm kayaknya Bank Mandiri keseringan ganti-ganti logo jadi pusing hehehe

Anonymous said...

saya nasabah bank yang satu lagi. belum punya account di mandiri. halah :D

Anonymous said...

Konon biaya ganti logo ini mencapai lebih dari 40 miliar (!!).

Alasan kata bank diilangin, karena ke depan, ada rencana bikin usaha non bank...that's weird. Nanti gak fokus lagi...bisa blunder lagi.

amethys said...

hehehehe....udah ga punya account di bank mandiri...

andri said...

#lisan skywalker
hehe, itulah PR bank Mandiri kali

#rezki
setuju !

#tuhu
kalo keseringan ganti, kayak baju aja ya :-)

#venus
nitip aja di accountku mbok :-p

#blog strategi+manajemen
saya juga anggap itu aneh, kan juga sudah umum bila bank jual produk lain semacam bancassurance, kenapa mesti ganti logo. lagipula logonya gak beda2 banget

#amethys
sama dengan mbok venus, nitip aja di account saya

Siska said...

hmm seharusnya sih dg adanya logo baru mandiri, ada hal baru juga yang ditawarkan pada nasabah. mungkin bisa dengan kinerja yang lebih ditingkatkan. soalnya biayanya kan juga ga sedikit tuh kalo hanya untuk 'sekedar ganti logo'. mari mari kita tunggu aja.

tapi saya kok ngeliat logo baru sekarang, yang tulisan mandiri hurufnya kecil semua, beda dengan yg lama, kok kurang 'wah' ya? hehe...

Anonymous said...

ya kalo orang awam yang liat sih emang seperti gak ada artinya, taunya cuma pake jasanya dan dapetin fasilitasnya. tapi tanpa disadari, pemunculan logo baru juga bisa dibilang seperti mencari sensasi baru, kayak artis gitcu loh, gonta ganti pasangan, supaya diperhatiin lagi ama masyarakat n menaikkan ratingnya.

kita liat aja, khususnya nasabah bank mandiri sendiri yang bisa pantau, semenjak peubahan logo tsb, ada perubahan apa aja? syukur kalo ada kemajuan, tapi kalo cuma gitu-gitu aja atau mungkin mundur...wah rugi banget ganti logo, coz cuma buang-buang duit aja.

Anonymous said...

dari sisi pandang saya, yang awam,
kaya'nya logonya gak beda beda amat :)

Anonymous said...

sebenernya saya tertarik banget dengan hal-hal yang berhubungan dengan public relations.. tapi terkadang saya agak sedikit "blank" dengan hal marketing, coz sekarang PR sering disamakan dengan merketing, begitu juga sebaliknya. apalagi sekarang ada mata kuliah "komunikasi pemasaran" yang merupakan representasi dari hal tadi. yang pada akhirnya saya mempunyai opini sendiri, bahwa sebenarnya PR itu merangkap pekerjaan sales gak sih? agak kasar memang kedengarannya..
walaupun memang PR ternyata tidak semudah saat "pandangan pertama" saya. coz dibutuhkan kesabaran, keuletan, wawasan dan tentu saja kreatif.

disatu sisi, setelah saya selesai kuliah, saya ingin sekali berbisnis dibidang waralaba/franchise (mhon maaf klo penulisaanya mungkin salah). tapi terus terang saja, bagaimana mau berbisnis, awal untuk berbisnis saja saya tidak tahu. dimana saya harus meminjam uang, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan, bisnis apa yang sdang tren namun dapat berthan lama, dan bagaimana mengawalinya?

karena cita-cita saya adalah menjadi PR handal namun handal pula dalam berbisnis. agak tinggi memang.. dan cita-cita itu pun muncul setelah saya mengambil kulliah di jurusan komunikasi PR dan mulai tertarik dengan bisnis setelah saya mempunyai cowo yang kuliah di jurusan ekonomi islam. (sedikit curhat). cenderung telat memang.. tapi menurut saya tidak ada kata telat klo kita mau usaha..

saya hanya ingin minta bantuan dari anda untuk menjawab seluruh pertanyaan yang lumayan meresahkan dipikiran saya, sekaligus untuk membantu saya memberikan masukan2 entah pengetahuan atau wawasan yang cukup berarti buat saya. karena saya lihat anda sangat berpengalaman dibidang anda yang tentu saja sama dengan bidang kuliah yang saya ambil..

mohon bantuannya dan balasannya...
trims...