Shanty - Unbreakable

Wednesday, November 28, 2007

Tak ada yang patahkan semangatku
tekadku kuat jiwaku mantap
meski hariku kelabu
ku kembali ceria karenamu

sejak kau ada di hidupku
bersinar seindah mentari

Unbreakable..Unbreakable..
kau kuatkan diriku
begitu indah siapa yang memandangnya
Unbreakable..Unbreakable..
kau kuatkan diriku
kau berikanku semangat jiwa ini

selalu ada senyum di hatiku
selalu yakin dengan awal yang baru
meski badai datang mengganggu
tak kubiarkan semangatku layu

saat kau berikan kekuatan
dan keyakinan…

Unbreakable..Unbreakable..
kau kuatkan diriku
begitu indah siapa yang memandangnya
Unbreakable..Unbreakable..
kau kuatkan diriku
kau berikanku semangat jiwa ini


Itulah lirik dari lagu terbaru Shanty yang berjudul "Unbreakable" yang terdapat dalam album terbaru Shanty yang bertajuk "9907". Menariknya, lagu "Unbreakable" ini juga merupakan lagu tema dari kampanye "Sunsilk Unbreakable Women" dari Unilever. "Unbreakable" bukan sekedar jingle iklan, namun memang semenjak dari awal didesain untuk terintegrasi dengan kampanye dari Sunsilk terutama dalam peluncuran Sunsilk Hair Fall Solution yang dapat mencegah rambut patah alias menjadikan rambut unbreakable !. Strategi ini mirip dengan kolaborasi yang dilakukan antara Softex dengan Ada Band dengan lagu "Karena Wanita Ingin Dimengerti".

Kolaborasi antara penyanyi dan brand seperti itu memang menguntungkan bagi keduanya, karena pemilik brand bisa mendapatkan lagu dan brand ambassador yang tepat, serta penyanyi mendapatkan support besar bagi promo albumnya (tentunya selain bayaran yang bagus :-) ). Pemilik brand juga mengharapkan bahwa lagu itu dapat dinikmati oleh para pecinta musik, seperti pada lagu "Karena Wanita Bisa Dimengerti" yang cukup sukses dan sering direquest di radio atau diputar di TV. Dengan diputarnya lagu tersebut di media elektronik, maka brand pun mendapat keuntungan berupa exposure yang luas karena lagu itu sudah terasosiasi dengan brand tersebut. Belum lagi ditambah keuntungan pasang iklan "gratis" berupa pemutaran lagu di radio/TV karena request pendengar/pemirsa.

Namun ada hal penting yang mesti diingat bagi brand-brand yang hendak melakukan strategi serupa, yaitu masalah kejelian memilih lagu. Karena strategi ini akan sangat efektif apabila lagu yang dipilih itu disukai oleh masyarakat, khususnya target marketnya. Karena dengan disukainya lagu itu, maka mereka akan sukarela membeli CD/kasetnya, mendengarkan lagunya, atau merequest lagu itu untuk diputar di radio sehingga strategi ini akan berhasil mendongkrak awareness.

What do you think ?

Posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
Picture taken from here

Baca artikel ini selengkapnya ...

Kotak Tissue

Monday, November 19, 2007

Berikut ini ada pertanyaan dari Bu Susi, salah satu pembaca blog ini

Usaha saya adalah supplier tissue untuk Rumah makan & Restoran. Dan kebanyakan mereka minta disediakan kotak tempat tissue. Apa bisa dari pihak perusahaan rokok menediakan kotak tissue-nya. Kebetulan saya pernah lihat ada beberapa produk misalnya SOSRO menyediakan kotak tissue. Apa bisa saya disponsori. Mohon informasi dan syaratnya. Terima kasih.


Memang banyak perusahaan consumer goods seperti rokok atau minuman yang menyediakan gimmick berupa kotak tissue, asbak, kotak tusuk gigi, dan hal semacamnya di restoran. Gimmick tersebut bisa saja dikaitkan dengan perjanjian eksklusifitas produk (tidak boleh menjual produk kompetitor disitu), hadiah karena mencapai nilai sales tertentu, kompensasi atas dominannya product display di outlet tersebut, ataupun barang tersebut hanya sekedar display di PoP (Point of Purchase) untuk mempengaruhi keputusan pembelian tanpa kompensasi apapun dari pihak outlet/restoran, bahkan ada yang harus membayar ke pihak outlet karena dianggap sebagai bagian dari pemanfaatan lahan promosi.

Nah untuk bu Susi sebagai supplier tissue, saya rasa tidak usah repot-repot mencari sponsor. Namun lebih baik bu Susi buat saja kotak tissue dan dibagikan kepada restoran-restoran yang mengambil tissue dari bu Susi. Bisa saja kotak itu diberikan tanpa perjanjian apapun, atau bu Susi bisa memberikan kotak itu apabila restoran mengambil tissue senilai sekian rupiah tiap bulan (yang bisa dituangkan dalam kontrak). Namun saya rasa nilai kotak tissue tidak seberapa, anggap saja itu bagian dari discount yang bu Susi berikan kepada konsumen dan sebagai bagian menjaga hubungan baik dengan konsumen. Tentu saja hitung-hitungan finansialnya jangan sampai rugi. Atau kalau mau, bu Susi bisa minta sponsor dari principal tissue yang bu Susi jual.

posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from
here

Baca artikel ini selengkapnya ...

Airport Transfer dari Telkomsel Priority

Tuesday, November 13, 2007


Di industri service, sudah jamak melakukan pemanjaan terhadap konsumen yang berbelanja dalam jumlah besar secara teratur ataupun -kalau di bank- menyimpan dalam jumlah besar. Dari situlah muncul istilah preferred customer yang harus dilayani khusus karena memberikan kontribusi besar pada bisnis, karena bisnis service umumnya memiliki konsep Pareto 80-20 dimana 80% nilai sales disumbang oleh 20% customer (bahkan bisa 90-10). Dari situlah mengapa muncul Garuda Frequent Flyer, Bank Mandiri Prioritas, BCA Prioritas, dan lain-lain.

Telkomsel Priority merupakan penerapan hal itu. Setelah sebelumnya hanya untuk pelanggan kartu pasca bayar (HaloClub), maka saat ini Telkomsel Priority juga bisa dinikmati pelanggan kartu prabayar (Simpati dan As), detailnya seperti diungkapkan oleh VP Marketing & CRM Telkomsel yang dikutip oleh KCM yaitu ada 2 macam keanggotaan yaitu Gold untuk rata-rata penggunaan rp. 1 juta - rp. 3 juta / bulan selama 6 bulan berturut-turut, dan Platinum untuk penggunaan diatas rp. 3 juta / bulan selama 6 bulan berturut-turut.

Salah satu layanan yang bisa dinikmati oleh anggota Telkomsel Priority adalah Airport Transfer, dimana -seperti saya baca di majalah komunitas Telkomsel Priority- pelanggan di wilayah jabodetabek dapat menikmati fasilitas jemputan ke Bandara Soekarno-Hatta sekali sebulan. Meskipun layanan ini nantinya mungkin jarang dimanfaatkan oleh pelanggan, namun ide layanan Airport Transfer ini mungkin belum ada di operator lain, sehingga cukup membuat anggota Telkomsel Priority merasa dimanjakan.

Memang menjaga customer kelas kakap diperlukan perhatian dan inovasi ekstra, karena dari merekalah sebagian besar bisnis perusahaan dapat berjalan. Namun perlu juga diperhatikan, pemanjaan konsumen tetap harus dalam kerangka perhitungan finansial yang tepat, agar tidak merugikan perusahaan, betul kan ?

What do you think ?

posted by andrias ekoyuono ( andri )

for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from majalah komunitas Telkomsel Priority

Baca artikel ini selengkapnya ...

Sosropun Mengeluarkan JoyTea Green Tea

Monday, November 12, 2007

Sosro sebagai "ahlinya teh" tentu mengamati dengan seksama bahwa Sosro Green-t miliknya tidak mampu menandingi sepak terjang Nu Green Tea dan Zestea di market green tea. Padahal pangsa pasar green tea cukup besar dan menjanjikan seiring semakin larisnya produk sehat di masyarakat modern.

Dengan perhitungan yang menurut saya cukup cermat, Sosro meluncurkan JoyTea Green Tea. Tidak seperti para kompetitornya, kali ini Sosro meluncurkan JoyTea dalam kemasan botol seperti laiknya Teh Botol Sosro. Gerakan ini saya katakan cukup cermat karena dengan kemasan botol maka JoyTea bisa didistribusikan sejajar dengan Teh Botol Sosro yang sudah merata dan mudah didapatkan oleh konsumen.

Selain itu dengan hadir dalam kemasan botol yang dapat dikembalikan (RTD), maka JoyTea akan dapat dijual dengan harga yang murah, kalau tidak salah akan dijual dengan harga sama dengan Teh Botol Sosro. Maka JoyTea akan menjadi pilihan menarik bagi penikmat green tea. Tinggal sekarang bagaimanakah rasa dan kualitas Joy Tea ini ? Apakah cukup disuka oleh konsumen kita sehingga akan kembali membeli Joy Tea ? Let's see

Namun dari sini kita dapat memetik pelajaran bahwa reaksi terhadap persaingan akan lebih bermanfaat apabila dengan memanfaatkan kekuatan kita, artinya tidak harus dilawan dengan apple to apple, namun bisa dilakukan dengan modifikasi kemasan dan pemanfaatan kekuatan distribusi seperti halnya yang dilakukan Sosro dengan Joy Teanya.

What do you think ?

posted by andrias ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia

Baca artikel ini selengkapnya ...

Kompetitor Menawarkan Harga Lebih Rendah, Apa Tindakan Kita ?

Wednesday, November 07, 2007

Kompetisi yang ketat menghadirkan berbagai ide strategi sebagai respon terhadap gerakan kompetitor. Salah satu hal yang cukup memusingkan adalah adanya kompetitor yang menawarkan harga yang lebih rendah dibanding harga yang kita tawarkan ke konsumen. Karena prinsip value for money yang cukup populer di konsumen Indonesia, maka harga yang lebih rendah bisa memicu perpindahan konsumen ke kompetitor. Apa yang harus kita lakukan ?

Ada berbagai cara menghadapinya, namun Michael Treacy menawarkan 4 pendekatan yang menurut saya cukup mudah untuk kita pahami, meskipun pelaksanaannya tidaklah mudah.

1. Lower Your Prices

Ikut menurunkan harga adalah salah satu pilihan yang dapat diambil. Pilihan ini bisa diambil dengan melakukan efisiensi cost sehingga profit margin tidak terpangkas, ataupun pengurangan harga karena kita merelakan pemotongan profit margin. Tentu saja pilihan ini beresiko akan terjadinya price war.

2. Build A Uniquely Superior Product

Produk yang memiliki keunggulan rasional (misal : keunggulan kualitas) maupun emosional (misalnya: keunggulan gengsi) terhadap produk kompetitor bisa tetap tak terusik dengan hadirnya kompetitor yang menawarkan harga lebih rendah. Misalnya meskipun banyak motor yang lebih murah, tapi motor Harley Davidson yang bergengsi tetap saja laku. Ataupun motor Jepang tetap lebih laku karena kualitasnya lebih bagus daripada kebanyakan motor Cina yang lebih murah.

3. Create A Hassle-Free Experience

Produk yang lebih mudah didapatkan/dibeli atau lebih mudah digunakan akan tetap dipilih oleh konsumen meskipun harganya lebih mahal. Contohnya adalah Mie Instan lebih mudah dimasak, makanya konsumen perorangan lebih suka membeli Mie Instan daripada membeli Mie Telor mentah meskipun harga Mie Instan bila dikalkulasi lebih mahal daripada Mie Telor.

4. Take Ownership of The Customer's Result

Dukungan bagi konsumen atas hasil penggunaan produk kita akan membuat konsumen rela membayar lebih mahal, karena mereka akan merasa lebih mendapatkan garansi atas hasil yang mereka cari. Dukungan itu misalnya berupa training ataupun support terhadap masalah selama penggunaan produk.


Nah dari 4 pilihan yang digambarkan oleh Michael Treacy tersebut, maka kita bisa mengambil pilihan atas langkah apa yang mesti kita ambil dalam menghadapi kompetitor yang menawarkan harga lebih rendah. Pilihan-pilihan itu tentu diambil dengan terlebih dahulu melakukan analisa yang mendalam terhadap market, kompetitor-kompetitor, dan juga kekuatan dan kelemahan kita sendiri. Bisa juga pilihan strategi yang diambil bukan cuma 1, tetapi bisa juga 2 strategi dari 4 pilihan tersebut.

Namun yang perlu diingat, apapun langkah yang kita ambil, maka langkah itu harus tetap dievaluasi dan diadaptasi, karena pasti kompetitor tidak akan tinggal diam dengan reaksi kita.

What do you think ?

Posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
Picture taken from here

Baca artikel ini selengkapnya ...

Pelajaran Dari Microsoft

Thursday, November 01, 2007

Microsoft adalah perusahaan yang boleh dibilang benar-benar menerapkan strategi marketing yang textbook. Salah satunya tentang bagaimana menghadapi kompetitor-kompetitor mereka yaitu kenali kekuatan sendiri dan kompetitor, kemudian putuskan dimanakah keunggulan atas kompetitor, di keunggulan itulah kita mesti "berperang" dengan kompetitor.

Berikut ini ada penjelasan dari Ryan Kubacki, bekas executive Microsoft yang sekarang menjadi president di Holden International, yang menerangkan tentang bagaimana Microsoft bereaksi terhadap Linux ketika Linux hadir di market :

"When I was Microsoft's business marketing officer for the U.S. central region, [CEO Steve] Ballmer drafted me to work on the company's Linux strategy. When Linux first became big news, there was a perception in the market that because it was free, it was therefore a better deal than Windows. Since this was a direct assault on Microsoft's business model, we build a team of experienced market research and messaging people, including a guy who had been one of Bill Clinton's advisors during the Lewinsky scandal.

"The team polled around 6,000 IT customers and discovered that Linux was favored over Windows for a variety of reasons, some of them emotional (like envy over Bill Gates's wealth) and some rational (like an unpopular licensing scheme). Since there was little we could do about the emotional issues, the team decided to attack the Linux value proposition.

"We told IT buyers, before making a commitment one way or the other, to find out what it actually costs to run a Linux shop as compared to a Windows shop. We provided reams of data suggesting that Linux was more difficult to integrate, more difficult to manage, and more difficult to support — all of which ends up costing more money than would be saved by avoiding a license fee. By emphasizing value rather than price, we were able to blunt the Linux narrative and keep it from becoming an overwhelming threat to Microsoft's enterprise strategy."

What do you think ?

posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
picture taken from here

Baca artikel ini selengkapnya ...