Kotak Tissue

Monday, November 19, 2007

Berikut ini ada pertanyaan dari Bu Susi, salah satu pembaca blog ini

Usaha saya adalah supplier tissue untuk Rumah makan & Restoran. Dan kebanyakan mereka minta disediakan kotak tempat tissue. Apa bisa dari pihak perusahaan rokok menediakan kotak tissue-nya. Kebetulan saya pernah lihat ada beberapa produk misalnya SOSRO menyediakan kotak tissue. Apa bisa saya disponsori. Mohon informasi dan syaratnya. Terima kasih.


Memang banyak perusahaan consumer goods seperti rokok atau minuman yang menyediakan gimmick berupa kotak tissue, asbak, kotak tusuk gigi, dan hal semacamnya di restoran. Gimmick tersebut bisa saja dikaitkan dengan perjanjian eksklusifitas produk (tidak boleh menjual produk kompetitor disitu), hadiah karena mencapai nilai sales tertentu, kompensasi atas dominannya product display di outlet tersebut, ataupun barang tersebut hanya sekedar display di PoP (Point of Purchase) untuk mempengaruhi keputusan pembelian tanpa kompensasi apapun dari pihak outlet/restoran, bahkan ada yang harus membayar ke pihak outlet karena dianggap sebagai bagian dari pemanfaatan lahan promosi.

Nah untuk bu Susi sebagai supplier tissue, saya rasa tidak usah repot-repot mencari sponsor. Namun lebih baik bu Susi buat saja kotak tissue dan dibagikan kepada restoran-restoran yang mengambil tissue dari bu Susi. Bisa saja kotak itu diberikan tanpa perjanjian apapun, atau bu Susi bisa memberikan kotak itu apabila restoran mengambil tissue senilai sekian rupiah tiap bulan (yang bisa dituangkan dalam kontrak). Namun saya rasa nilai kotak tissue tidak seberapa, anggap saja itu bagian dari discount yang bu Susi berikan kepada konsumen dan sebagai bagian menjaga hubungan baik dengan konsumen. Tentu saja hitung-hitungan finansialnya jangan sampai rugi. Atau kalau mau, bu Susi bisa minta sponsor dari principal tissue yang bu Susi jual.

posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from
here

9 comments:

Totok Sugianto said...

ini juga akan membuat customer jadi loyal ke kita. apalagi kalau di kotak tissue itu ada nama kita dan nomor telpon kita ya hitung-hitung juga ikut tebar pesona juga :D

puputs said...

wah bisa enak tuh jualan plus disponsori lagi..

salam kenal :)

Kampret Nyasar said...

Memang: You need to give to get!
kadang sebagai industry player yang berupaya untuk merebut hati pasar... kita perlu menitik beratkan satu hal : What's in it for the customer.. there rest will be smooth!

Seneng udh bisa mampir lagi kesini, banyak tips yang bisa saya belajar dari isi situs ini - salam hangat dari Afrika Barat
--------------
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

Sandy Eggi said...

supply aja ke jepang. di jepang tissue dibagi gratis buat semua orang. di plastik tissue nya tentu saja ada iklannya :)

Anang said...

bisa jadi ladang bisnis neh

edratna said...

Bu Susy bisa menghitung, jika setiap penjualan tertentu diberi kotak tisu yang ada logo perusahaan bu Susy kan bisa merupakan ajang promosi.

Memang mesti dihitung, dan kayaknya ga terlalu mahal. Banyak lho kotak tisu yang lucu2...dan bisa dikembangkan...bikin penutup kotak tisu yang lucu2

susan said...

Mungkin perlu dipikirkan agar produsen tissue membuat kemasan yang unik dan menarik. Satu kelemahan produsen lokal ada di kemasannya (tolong dikoreksi bung Andri). Sering saya lihat bahan dan kualitas sama bisa berkalilipat harganya jika sudah dikemas menarik. COntohnya, buah manggis, berapa sih harga dua buah manggis, taruhlah 10.000 perak. COba pergi ke restoran perancis, dessert buah manggis, dua buah, yang dibelah dua dan disajikan di atas piring porselen, harganya?? 15 kalilipat!!!

Bagus Kuncoro Darmaji said...

Kalo masalah bisa atau ngga jawabannya bisa bu. Tinggal dateng ato cari contact marketing komunikasi dari perusahaan tertentu (rokok, sosro, provider) dan ajukan penawaran.
Jangan semua sisi di branding oleh perusahaan tsb, ibu bisa minta 2 sisi yg kecil untuk logo perusahaan dan 2 sisi yang lebar untuk branding perusahaan sponsor.

Jos said...

bu susi msh bisnis kotak tisu ? sy ada butuh
boleh minta no kontak nya ? atau hubungi sy Jos di 0838 0555 0911