Pil Obat Sakit Perut Cap Lang

Friday, February 23, 2007

Bila mendengar brand "Cap Lang", maka asosiasi saya langsung merujuk ke minyak kayu putih atau minyak angin "Cap Lang" yang mungkin telah menjadi brand yang legendaris di kategori minyak gosok. Beberapa produk lain juga diberi brand "Cap Lang" antara lain balsem, inhaler, dan minyak telon. Namun, beberapa waktu terakhir saya melihat Pil Obat Sakit Perut Cap Lang dikomunikasikan ke pasar dengan iklan TV (TVC) maupun dengan BusAd.

Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa meluncurkan obat yang dipositioningkan sebagai obat sakit perut ? Saat ini pasar telah semakin niche, kebutuhan orang semakin spesifik, termasuk untuk obat-obatan. Dulu mungkin orang hanya mencari obat sakit perut, tapi saat ini orang sudah dapat mendefinisikan sakit perut sebagai sakit maag, diare, ataupun kembung karena masuk angin. Hal itu terjadi karena pasar sudah meningkat pengetahuannya, maupun juga karena sudah diedukasi oleh berbagai komunikasi yang dilakukan oleh obat-obat yang beredar di pasaran. Nah ketika Cap Lang muncul dipositioningkan sebagai obat sakit perut, maka calon konsumen bertanya-tanya, "ini obat sakit perut karena apa?" .Jadi saya rasa obat sakit perut, adalah positioning yang ketinggalan jaman.

what do you think ?

posted by: Andrias Ekoyuono ( andri )

3 comments:

venus said...

iya. salah arah nih, si cap lang. sakit perut memang macem2. bisa karena stress, diare, mangkel, tanggal tua..halah :D

mpokb said...

kalo masuk angin kadang bisa sakit perut juga. jadi, biar nyaman perut digosok minyak angin. atau jangan2 ada yg suka minum minyak angin juga yak..?

mei said...

pembikinan iklan yang asal2an dan not up to date...sangat disayangkan, karena caplang sudah merupakan brand yang sangat bagus..