Musim Hujan Juga Jadi Peluang

Thursday, February 01, 2007

"Banjir Kok Naik Sedan" , kurang lebih begitulah bunyi billboard besar yang melintang di jalan tol dalam kota Jakarta. Billboard tersebut adalah iklan dari Isuzu Panther untuk "menyambut" musim hujan. Dari isinya jelas bahwa Isuzu Panther ingin menyampaikan keunggulannya dibanding sedan dalam menghadapi jalanan yang banjir. Tema itu juga sesuai dengan tagline Isuzu Panther yaitu "Pakai Panther,Pinter!". Tentang pengaruh billboard dan rangkaian iklan itu pada penjualan Isuzu Panther di Jakarta tentu patut dilihat lebih lanjut.

Memang musim hujan adalah menu tahunan yang dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Datangnya musim hujan yang kemudian disusul banjir di beberapa wilayah juga sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat, khususnya Jakarta. Di Jakarta, apabila hujan turun, bisa dipastikan hal tersebut akan disusul oleh banjir di beberapa ruas jalan dan kemacetan jalanpun juga terjadi.

Namun sebenarnya musim hujan adalah hal yang rutin dan selalu bisa diprediksi setiap tahunnya. Maka dari itulah juga muncul peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis seperti yang coba dimanfaatkan oleh Isuzu Panther tersebut diatas. Dari yang sederhana seperti jualan ponco/jas hujan, jualan payung,
penawaran untuk creambath yang lebih rajin, minuman hangat seperti Nutri Sari Hangat, sepatu boot bagi pengendara motor, dan banyak lagi. Saat ini jugalah para marketer mencurahkan ide-idenya untuk melakukan seasonal marketing agar momentum musim hujan ini bisa dimanfaatkan juga untuk meningkatkan penjualan. Ada yang bisa ngasih tahu barang apa lagi yang bisa diegenjot jualannya pas musim hujan ?

posted by : Andrias Ekoyuono ( andri )

photo taken from here

10 comments:

Jauhari said...

Namanya Juga Iklan mas... :) dan IKLAN bisa memanfaatkan SITUASI tooo

ke ke ke

kenny said...

ada...sepatu boot plastik :D

mei said...

sepatu boot, jas hujan, dan payung..top markotop dah pokokna!!

andri said...

#jauhari
mungkin kira2 sama dengan iklan minuman Panther yang pakai Tukul ya mas, memanfaatkan situasi Tukul yang lagi terkenal, padahal sosoknya tidak mencerminkan kuat :-)

#kenny
sepatu boot diplastikin gitu ? hehehe

#mei
sama2 buka warung yang jualan barang di musim hujan yo, hehehe

de said...

bakso dan pisang goreng juga larisss..buat anget-anget

venus said...

rokok, buat temen minum kopi di teras sambil menikmati hujan. halah, menye-menye di mana-mana :D

andri said...

#de
wah iya, bener tuh

#venus
ada ide iklan rokok di musim hujan ?

Evi said...

itulah iklan.....selalu memanfaatkan situasi

Paman Tyo said...

masalah orang lain adalah peluang bizniz. ini prinsip abadi. :D

andri said...

#eva
situasi perang bisa dimanfaatkan ndak ya mbak eva ?
ps: nama depannya bukan "maria" kan ?

#paman tyo
iya,ya, justru harusnya kita buka peluang dari kesulitan orang lain. ning kok kadang ra tegel yo paman..