( Updated ) Industri Telekomunikasi Mengadopsi Sistem Sales FMCG

Monday, January 22, 2007

Saat ini industri telekomunikasi khususnya operator seluler merupakan "rising star" dalam bisnis Indonesia. Pertumbuhan pasarnya yang luar biasa di tahun-tahun terakhir ditambah lagi potensi pasarnya yang masih besar membuat makin banyak pihak yang terjun menjadi operator seluler. Saat ini sudah ada Telkom dengan flexynya, Telkomsel, Indosat, XL, Mobile-8, Bakrie Telecom, Natrindo Seluler (Maxis), Hutchinson, dan Sampoerna Telekomunikasi yang bermain di GSM maupun CDMA.


Dengan jumlah konsumen yang sedemikian besar, juga tingkat penetrasi yang mencapai penjuru negeri ini, maka operator seluler tidak segan-segan mengadopsi sistem sales dari industri Fast Moving Consumer Goods ( FMCG ). Beberapa operator sudah menerapkan distribution channel yang mirip FMCG dalam mendistribusikan produknya karena penjualan kartu perdana dan voucher juga sampai ke warung/rombong kecil. Tak heran jika saat ini juga terjadi eksodus banyak profesional bidang sales ke operator seluler.

What do you think ?

posted by : Andrias Ekoyuono ( andri )

photo taken from here

thanks atas saran dari Atniga Tayagih

2 comments:

Atniga Tayadih said...

Kayaknya bakal lebih asyik kalau dijelasin apa itu "Sales FMCG". Buat saya yang buta dunia sales dan marketing, sungguh sulit menebak arah artikel ini. What do you think?

Atniga Tayadih said...

Ayoo di-update, Bung!