Efektifkah Beriklan di Media Komunitas Wilayah ?

Tuesday, October 31, 2006











Saat ini bermunculan banyak media komunitas untuk wilayah tertentu, misalnya untuk wilayah : Pondok Indah, Cibubur, Kedoya, Puri Indah, dll. Media itu umumnya berbentuk majalah yang didistribusikan ke rumah, toko, dan kantor di wilayah tersebut. Majalah itu umumnya disebarkan secara gratis. Rumah saya di daerah Cibubur saja saat ini mendapat 3 majalah komunitas yang gratis tiap bulannya, yaitu Cibubur.Com, Cibubur AdInfo, dan Preview.

Seperti majalah gratis lainnya, majalah komunitas itu juga hidup dari iklan. Pertanyaannya, apakah efektif beriklan di media komunitas wilayah itu ?

Dari sudut pengalaman pribadi saya sebagai salah satu pembaca, majalah gratis itu cukup membantu dalam mencari informasi tentang barang atau jasa yang bisa didapatkan di sekitar tempat tinggal kita. Misalnya, bila ingin mencari laundry, penjahit, toko bangunan, tempat makan, jasa video editing, hingga tempat kursus. Jadi tidak perlu repot-repot mencari hingga di luar wilayah sendiri. Selain itu, informasi event yang digelar di mal/plaza atau tempat-tempat lain juga cukup bermanfaat, terutama event-event yang digelar di waktu weekend.

Melihat hal tersebut, kiranya beriklan di majalah gratis cukup bermanfaat bagi para pebisnis yang menjalankan usahanya di daerah tersebut, khususnya sangat bermanfaat bagi UKM karena budgetnya yang kecil dan cukup efektif "menembak" target marketnya. Selain itu, memasang iklan di media komunitas wilayah juga cukup efektif bagi produk dan jasa yang memiliki target market SES A dan B, karena biasanya distribusi media komunitas dititikberatkan pada perumahan kelas menengah hingga atas.

So what do you think ?

photo taken from here and here

posted by : Andrias Ekoyuono ( andri )


3 comments:

NiLA Obsidian said...

Mas Andrias.....

bagus buat pengiklan setempat...
berarti good idea juga ya kalo bisnis free magazines lokal begini?

mungkin harus lebih spesifik?

thx sdh bs mampir, salam kenal
regard's
NILA

mpokb said...

susah sekali mau komen di sini... kenapa ya?

Anonymous said...

Pak Andrias saya mau tanya nih tentang arti media komunitas ... Soalnya kalo setau saya media komunitas harus memiliki 4 aspek antara lain yaitu access, participation, self financial - managemnet, appreciation .... Nah kalo dari situ apakah arisan, pkk dan lain sebagainya juga bagian dari media komunitas ??