Pameran Bukan Hanya Untuk Jualan

Sunday, July 13, 2008


Pameran merupakan salah satu ajang promosi yang populer. Seperti halnya promotional tools yang lain, keikutsertaan sebuah brand dalam pameran perlu dipersiapkan dengan seksama. Diawali dari identifikasi siapakah pengunjung pameran itu, lokasinya, dan apakah tujuan dari sebuah brand untuk berpameran.

Keikutsertaan di ajang Jakarta Fair misalnya, umumnya brand memanfaatkan ajang sebulan penuh itu dengan tujuan utama terjadinya transaksi penjualan, baik langsung ke end user maupun melalui perekrutan distributor dan outlet-outlet baru. Sementara, ajang pameran seperti Indonesia International Motor Show 2008 biasanya bukan hanya bertujuan untuk penjualan, namun juga merupakan ajang branding maupun launching produk baru. Karena IIMS bisa dibilang merupakan showcase dari para pelaku industri otomotif di tanah air.

Seperti yang dilakukan Toyota pada IIMS 2008 ini. Bila semata-semata hendak mengejar transaksi penjualan di pameran, maka Toyota tidak akan repot-repot mendatangkan i-Real, FT-HS, maupun Toyota Prius. Karena kendaraan-kendaraan itu saat ini tidak dijual di pasar Indonesia dan tentu butuh proses dan biaya yang tidak murah untuk menghadirkannya di IIMS 2008. Hal itu merupakan cara Toyota untuk menegaskan tagline "Moving Forward" kepada para pengunjung maupun media yang meliput pameran. Dengan makin tertanamnya brand credibility dari Toyota di mata pengunjung, maka produk-produk baru yang diperkenalkan di acara tersebut ( seperti Toyota Alphard baru), maupun produk-produk yang lain akan mendapat imbas nafas "Moving Forward" juga.

Jadi pameran bukan sekedar jumlah transaksi, ada tujuan lain yang bisa dicapai asal disesuaikan dengan acara, peserta, pengunjung, lokasi, dan nilai event pameran itu sendiri di mata masyarakat dan media.

NB :
- Toyota Prius adalah simbol kampanye hijau yang cukup sukses di luar sana, denger-denger ada 6 biji yang didatangkan Toyota Astra Motor untuk diujicoba
- Toyota Yaris yang dimodif ternyata keren juga , seru juga kalau melengkapi line-up Toyota di rumah, ada yang punya pengalaman ?



posted by Andrias Ekoyuono
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia

8 comments:

Dino said...

Pameran sebulan penuh? Wow, lama banget ya..

aLe said...

ngiler liat mobilnya ^^

Hedi said...

Tapi pameran di sini artinya dagang, termasuk lukisan. pameran lukisan kok malah dagang...anomali marketing theory ya kang :D

Erik Tapan said...

Halo Mr Andri,
Wah masih tetap dengan ulasannya dari view marketing yha.
Salam.

Mohon maaf kalau ketemu sering pangling TETAPI kalau sudah lihat blog-nya, pasti tidak akan lupa lagi.

keep in touch, OK?

Pinkina said...

setor muka yha Pak...setelah baca2 sampek habis tetep aja aku gak gitu tertarik dg dunia ginian :D sekali2 posting ttg personal boleh lah yha...
maaf lho Pak, just my opinion :D

Abay said...

setuju mas...
liat mobilnya edun euy...

iman brotoseno said...

ke PRJ hari terakhir paling mantep..obral habissss ngabisin stock. Itu khan strategi dagang ?

edratna said...

Kadang pameran sekaligus mengedukasi pelanggan, serta untuk melihat peluang apakah pasar telah siap menerima produk baru...