Momentum Promosi Lagu

Monday, July 28, 2008

Dengan populernya ringbacktone yang konon kabar keuntungannya sudah bisa menutupi penurunan keuntungan karena pembajakan CD, maka upaya promosi untuk lagu karya musisi anak negeri makin gencar dilakukan. Lebih gurih lagi adalah kenyataan bahwa saat ini adalah momentum yang tepat untuk mempromosikan lagu dengan makin beragamnya media yang bisa digunakan.

Bila beberapa tahun terakhir radio menjadi andalan satu-satunya setelah makin sempitnya lahan menayangkan video klip, praktis hanya MTV lah yang bisa dipakai menayangkan video klip secara relatif utuh. Namun sekarang TV Nasional lain seperti SCTV, RCTI, dan ANTV kembali menayangkan acara pemutaran video klip dengan tajuk "Inbox", "Dahsyat", dan "Klik".

Tidak hanya televisi, YouTube rupanya juga menjadi ajang promosi yang seru untuk penayangan video klip utuh. Pasti hanya ampuh untuk penyanyi yang sudah terkenal ? Ternyata tidak. Sudah coba cek penyanyi pendatang baru dengan nama Aura Kasih di YouTube ? Silahkan dicek disini. Ternyata video klipnya sudah dilihat ratusan ribu kali di YouTube. Atau coba cek video klip Afgan yang tak kalah populernya disini dan disini.



Selain itu, soundtrack sinetron juga merupakan ajang ampuh untuk mempromosikan lagu, terbukti dengan makin larisnya Letto setelah lagunya menjadi soundtrack sinetron. Belum lagi ditambah iklan-iklan ringbactone lagu tertentu yang memang didesain untuk mempromosikan lagu (dan ringbacktonenya).

Jadi, bikin video klip dan promosikan lagumu sekarang ! :-D

posted by Andrias Ekoyuono
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia

0 comments: