Perang Lewat Iklan TV

Tuesday, December 04, 2007

Saat ini lagi seru-serunya perang lewat iklan TV. Coba perhatikan iklan TV ( TVC ) berbagai operator seluler akhir-akhir ini, atau TVC Yamaha Mio yang meledek kompetitornya, ataupun yang terbaru iklan TVC Bintangin yang seakan menantang Tolak Angin. Namun TVC di Indonesia masih dibatasi etika dimana tidak boleh menunjuk secara langsung lawan yang "diserang", tapi itulah yang membuat dunia kreatif TVC lebih menarik.

Tapi, "Perang" melalui TVC di belahan dunia lain bisa dilihat di contoh dibawah ini



posted by Andrias Ekoyuono ( andri )
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
video taken from here

12 comments:

Ono Karsono said...

Edaaaaaaan, iklannya menohok sekali. Klo ini sih memang gak ada etika sama sekali. Soul of kapitalis tulen kali ya ...!!! Ogah ah...

Beautiful of Islam said...

Begitulah...Bahkan sekarang pemerintah pun rame-rame beriklan. Terima kasih sudah mampir mas Andri.

Totok Sugianto said...

kreatif juga idenya.... etika di negeri sono gak berlaku untuk iklan kelihatannya... kalau di indonesia masih sekedar basa basi saja meskipun menyinggung halus

andri said...

#ono karsono
iya memang etikanya tipis :-D

#beautiful of islam
pada prinsipnya, semua hal yang memerlukan partisipasi dari orang banyak memang layak diiklankan

#totok sugianto
betul itu pak totok

Anonymous said...

Gile, nyentil abis itu... Bener-bener ditampilkan vulgar...

B-a-r-r-y said...

Lucu juga melihat iklan semacam ini. Saya sering melihat iklan sejenis antara apple dan microsoft.

http://jawaban.blogspot.com/2007/11/apple-ad-negative-on-vista.html

Anonymous said...

Tergantung kultur mungkin? Apa belum ada aturan iklan secara international?
Jangan-jangan di Indonesia akan mengikuti seperti itu...kita tunggu aja....

Anonymous said...

Menurut mas Andri sendiri gimana tentang pendekatan head to head comparation seperti ini ... ?Apakah direkomendasikan untuk dilakukan di Indonesia ....

Menurut saya secara awam, budaya, karakter dan kepribadian suatu bangsa berpengaruh terhadap gaya, pola dan model komunikasi yang berlaku di bangsa tersebut .... ada teorinya ga ya?

Menurut saya iklan dengan cara ini nggak sesuai dengan budaya, karakter dan kepribadian bangsa Indonesia .... sepertinya tidak akan cocok digunakan di Indonesia .... Walaupun sebenere saya juga bingung, apa sih budaya, karakter dan kepribadian bangsa indonesia? hehehe ..... Mungkin karakter bangsa ini yang ingin ditonjolkan (secara sadar maupun ga sadar) adalah bangsa yang sopan santun, punya unggah ungguh (namun menggerutu di belakang ... hehehe) .... Jadi cara berkomunikasinya juga akan kurang lebih sama dengan karakter itu.....

Contohnya ya iklan ini .... karakter bangsa Amerika sono yang (menurut saya) blak blakan, ga basa basi, membuat gaya komunikasi ya blak blakan pula, tanpa basa basi pula .... mungkin ada karakter lain dari bangsa amerika yang mempengaruhi ....

btw ... senang bisa mampir di blog Anda .... :D

Salam
Wira

Anonymous said...

good day sir!

somebody referred me to your site and told me you can help me discuss some elements of tv ads. i'm currently looking for shampoo commercials of muslim women in indonesia for a school term paper. should you have time, kindly reply. you can contact me via my email: curioser@gmail.com

thank you very much!

Siska said...

ya ampuuuun!! iklan pepsi ini udah saya liat ratusan kali. sewaktu kuliah kemaren dosen pemasaran saya sering menunjukkannya, hehehe. saya juga nyimpen iklan ini. edan emang! kirain tadi bakal iklan coca cola gitu, hehehe.

oya thank's for coming di blog saya. saya malah seneng banget nemu blog mas andri ini. lumayan daripada beli majalah Marketing. saya emang interest sama marketing, hohohoho....

Anonymous said...

tapi lumayan lho, perang iklan di TV itu bisa bikin saya tertawa tebahak-bahak...lmayann rilis d'stress :-)

Anonymous said...

iklannya sangat membuka mata..
terlihat bahwa etika di dunia ini memang berbeda-beda..