Ampuhnya Hadiah Langsung : Kejutan 1 Milyar dari NU Green Tea

Friday, June 29, 2007

NU Green Tea , dan NU Juice dari ABC President belum lama ini meuncurkan program hadiah "Kejutan 1 Milyar" berupa hadiah langsung total Rp. 1.000.000,- dengan 3 hadiah utama sebesar masing masing Rp. 100.000.000,- . Pembeli cukup melihat di bagian dalam tutup botol untuk memastikan apakah mereka cukup beruntung mendapatkan hadiah utama, hadiah langsung ratusan ribu rupiah, hadiah langsung gratis 1 botol minuman, atau tulisan "Coba Lagi", "Anda Belum Beruntung", atau "Jangan Menyerah".

Saya perhatikan program ini cukup sukses untuk meningkatkan penjualan 2 brand tersebut, terutama NU Green Tea. Di pasaran sebelumnya NU Green Tea bersaing dengan ZesTea dari 2 Tang dan Green-t dari Sosro. Namun dari pengamatan saya dan obrolan saya dengan para pedagang rombong , ternyata adanya program hadiah langsung itu penjualan NU Green Tea menjadi naik meninggalkan para pesaingnya. Program sales promo dengan hadiah langsung ini ternyata mampu menarik para konsumen. Logika konsumen sebenarnya cukup sederhana, dengan rasa yang tidak jauh beda maka apa salahnya mencoba peruntungan dengan membeli NU Green Tea daripada membeli produk pesaing. Meskipun mungkin saja NU Green Tea yang tanpa bahan pengawet menjadi alasan pembelian, namun para pesaingnya juga memiliki keunggulan tersebut.

Kesuksesan "Kejutan 1 Milyar" dalam mengangkat tingkat penjualan adalah contoh mengapa para produsen masih getol menggunakan program undian ataupun hadiah langsung meskipun tetap saja ada resiko penipuan yang membayangi citra perusahaan. Namun kesuksesan peningkatan penjualan karena program NU Green Tea tersebut tidak akan terjadi bila tidak diimbangi sales / distribusi yang bagus dan merata. Kita bisa lihat bahwa display dari produk NU Green Tea akhir-akhir ini sangat merata dan mencolok hingga ke rombong-rombong, sehingga ketertarikan calon konsumen akan program hadiah langsung dibarengi dengan dorongan keputusan untuk membeli dengan kemudahan mendapatkan produknya di pasaran.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah NU Green Tea bisa mempertahankan tingkat penjualan setelah "Kejutan 1 Milyar" ini berakhir ? Apakah sudah ada program lanjutan yang disiapkan untuk mempertahankan tingkat penjualan ? Nampaknya ABC President harus mulai memikirkannya

posted by Andrias Ekoyuono ( andri )

16 comments:

TaTa said...

hahahahaha pertanyaannya adalah berapa banyak botol yang memang menang hadiah uang ?? saya yakin perbandingannya 1:1000...blom lagi masa hadiah langsung habis sept ini. Jangan botol yang ada hadia uangnya di kirim ke pasaran akhir september hahahaha

Anonymous said...

strategi strategi soal strategi marketing (lagi lagi)

saya nda kmana mana cuman mo liburan :D

Unknown said...

masih banyak sekali rupanya rakyat Indonesia yang bermimpi jadi kaya tanpa bekerja...

Anonymous said...

kalo saya sih..tergantung produknya, kalo suka ya beli terus walaupun ga ada hadiahnya :D

bagussugiarto said...

Hiduppp Jombloooooooooooo:d

angin-berbisik said...

strategi marketing yg bagus dr nu tea, menurut saya...salam kenal nan hangat ya

andri said...

#tata
Ternyata 2 hadiah yang 100 juta udah keambil. 1 di Bandung, dan 1 di Jakarta, tepatnya di mal Ambassador. Tinggal 1 nih hadiah 100 juta yang belum kena :-(

#gita
ikut liburan dong, hihihi

#isnuansa_maharani
itulah kenyataannya, sedih juga ya

#ekowanz
kalo produknya hampir sama kayak greentea ini gimana ?

#bagussugiarto
wakakaka, ini malah promosi kalo mas bagus masih jomblo ya ?

#angin-berbisik
salam kenal juga

Anonymous said...

ga pernah dapet hadiah :(

Anonymous said...

sayah blom pernah dapet :(

mel@ said...

hmmm... mau ada hadiah 2 Milyar kek...
tetep ga ngaruh... masih cinta banget sama Teh Botol Sosro...
"apapun makanannya minumnya teh botol sosro"...
hihihi... iklan banget de...

andri said...

#venus dan tikabanget
gw kemarin dapat hadiah "Gratis 1 botol", at least gw pernah dapet hadiah ya :-)

#mel@
cinta banget ma teh botol sosro ya ? kirain cinta bange ama siapa gitu, hahaha

Anonymous said...

Konsumen kita memang masih suka iming-iming hadiah...atau diskon, dan ini langsung dijadikan strategi marketing oleh perusahaan.

Si Mbak di rumah...kalau disuruh kepasar, suka memberi saran, beli yang merek "X" aja bu, ada hadiahnya...atau ada diskonnya...

Anonymous said...

Sebenarnya strategy ini sudah dari jaman bahola, dari jamannya coca cola dulu juga sudah ada... mungkin karena timingnya pas di masa2 orang sedang susah, dan orang suka berharap2 dapet rejeki instant.

Btw yang dapat 1 Milyarnya ada ga sih? dan di beritakan ngga?

Donny said...

duh bingung mw isi apa nih,cuz niat saya mw cari data penjualan teh hijau di indonesia,ada yg punya tdak??lagi cari bahan wat skripsi nih soalnya,,klu ada tolong bantuannya yah..krimkn saja ke email saya : doni_3hadi@yahoo.com

thx 4 nuu green tea yg mnjadi bahan saya..

Anonymous said...

Undian Tai ayam nomor informasi yang ada di botol zestea aja ngga' bisa dihubungi sudah aku coba telpon berjuta kali tapi nggak ada yang ngangkat
payaahh ..........

cara meningkatkan penjualan online said...

Cara meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan orang yang ingin cepat kaya....hehehehe