Inspirasi : Apple Ads - Mac vs PC

Monday, August 25, 2008

Baru-baru ini, Mac meluncurkan serangkaian iklan TV "Mac vs PC" yang sangat tajam menyindir PC (baca:Microsoft)








Itu baru sebagian ! Total ada 15 iklan TV yang menohok :-)

Baca artikel ini selengkapnya ...

Berkah Sinetron Bagi TV Kabel

Monday, August 18, 2008


Menjamurnya sinetron dan acara kontes-kontesan pada prime time tayangan TV free-to-air alias televisi non-kabel (RCTI, SCTV, Indosiar, dll) ternyata membawa berkah bagi industri Pay TV alias TV Kabel (Indovision, Telkomvision, FirstMedia, Astro, dll). Sebagian masyarakat yang jengah dengan tontonan reguler di televisi mulai mengadopsi Pay TV di rumahnya. Alasannya diawali dengan beragamnya pilihan stasiun dan jenis acara yang tersedia di Pay TV , mulai dari film, dokumenter, musik, fashion, anak, hingga berita. Namun ceritanya tidak berhenti sampai disitu.

Jaringan Pay TV (kabel atau satelit) yang menjangkau hingga ke banyak rumah merupakan sebuah bisnis yang sangat menarik. Dengan ditebarnya jaringan hingga banyak rumah, maka bukan cuma siaran TV yang bisa ikut disalurkan, tapi juga internet/data, VOIP, dan e-commerce bisa digelindingkan hingga ke rumah-rumah pelanggan.

Untuk itu, tidak heran jika para raksasa penyedia Pay TV berinvestasi habis-habisan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan. Indovision (MNC) kabarnya juga telah meluncurkan satelit baru yang bakal mampu dimanfaatkan untuk mengintegrasikan TV, mobile, internet, dan e-commerce. Sementara FirstMedia (Lippo) juga terlihat habis-habisan menggelar jaringan serta memasarkan internet+pay TV nya, dan mungkin berminat menghidupkan kembali bisnis e-commerce nya yang dulu meluncur sebelum masanya. Sementara Telkom nampak serius membenahi Telkomvision, terutama melakukan terobosan paket-paket murah untuk menjangkau daerah sub-urban, sedangkan tentang jaringan tentu kita semua sudah tahu kekuatannya. Astro berusaha memperkuat content, termasuk dengan memproduksi banyak content spesifik. Sementara itu, masih ada lagi satu pemain (AoraTV atau PT Karya Megah Adijaya) yang ber soft launching dengan menjual program siaran langsung olimpiade, kemudian juga berhasil mendapatkan siaran sepakbola Liga Inggris, kabarnya big commercial launchnya akan dilakukan awal tahun depan.

Makin menarik saja bisnis ini. What do you think ?


Posted by Andrias Ekoyuono
For Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from here

Baca artikel ini selengkapnya ...

Atmosfear, FX, Upaya Memasarkan Mall

Friday, August 08, 2008


Membuat mall mencapai target jumlah pengunjung bukanlah hal yang mudah, apalagi di Jakarta yang notabene sudah "penuh" mall dengan berbagai ukuran dan target market, dari mall kecil hingga mall-mall raksasa seperti Grand Indonesia dan Senayan City. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila memasarkan mall yang ternyata tidak jauh dari pemasaran produk yang lain.

Yang pertama tentu adalah mencoba mengerti kebutuhan target marketnya, karena masing-masing mall tentu sudah punya siapakah yang menjadi target marketnya. Setiap segmen punya kebutuhan yang berbeda. Kalangan pekerja profesional punya kebutuhan berbeda dengan pelajar, demikian juga masyarakat berpenghasilan tinggi berbeda kebutuhan dengan masyarakat berpenghasilan menengah. Kemudian dari situ mulai diberi konsep yang kuat yang menjadi dasar pengembangan mall tersebut.


Selain mengisi mall dengan toko-toko yang sesuai, biasanya pengelola mall mencoba menarik pengunjung dengan berbagai hal. Sebelum mall dibuka, biasanya telah ada komitmen dari para anchor tenant/ anchor store yang menjadi daya tarik besar untuk kehadiran pengunjung. Anchor tenant bisa berupa hypermarket, department store ternama, kedai kopi favorit, hingga restoran fast food terkemuka. Anchor tenant memiliki deal khusus dengan pengelola mall karena pada dasarnya kehadiran mereka bisa menjadi garansi jumlah pengunjung mall itu.

Ada juga cara lain menarik pengunjung dengan memberikan wahana unik seperti yang dilakukan oleh FX, Jl Sudirman, Jakarta (dulu Sudirman Palace). Wahana itu diberi nama Atmosfear yang merupakan slider/perosotan setinggi 7 lantai ! Atmosfear yang dirancang dan diproduksi di Jerman ini memang memacu adrenalin dan menarik bagi pengunjung. Cukup belanja rp 100.000,- di semua tenant FX, maka pengunjung bisa mendapat 2 tiket untuk mencoba Atmosfear. Wahana unik ini rupanya bisa menjadi word of mouth dan menarik orang untuk datang ke FX.

Bukan cuma wahana, event juga menjadi cara menarik pengunjung. Selain itu, berbagai upaya promosi hingga memilih selebritis sebagai endorser juga menjadikan mall menarik bagi pengunjung maupun calon tenant. Upaya promosi yang cukup heavy juga dilakukan oleh Senayan City yang menggaet banyak artis sebagai endorser dan juga kerjasama yang erat dengan SCTV sehingga banyak acara SCTV disiarkan dari dalam mall di Senayan City.

Jadi, Mall (dan juga properti lainnya) adalah produk juga sehingga memerlukan langkah strategis dalam memasarkannya

What do you think ?

posted by Andrias Ekoyuono
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from here

Baca artikel ini selengkapnya ...

Inspirasi : Gurilla Advertisement

Wednesday, August 06, 2008

Baca artikel ini selengkapnya ...

Iklan AXE : ada yang kenal ?

Friday, August 01, 2008

Mulai dari posting ini, saya mencoba sistem comment dari DisQus. Semoga memudahkan para pembaca untuk memberikan komentar pad posting-posting saya. Thanks



posted by Andrias Ekoyuono
for Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from here

Baca artikel ini selengkapnya ...