Berkah Sinetron Bagi TV Kabel

Monday, August 18, 2008


Menjamurnya sinetron dan acara kontes-kontesan pada prime time tayangan TV free-to-air alias televisi non-kabel (RCTI, SCTV, Indosiar, dll) ternyata membawa berkah bagi industri Pay TV alias TV Kabel (Indovision, Telkomvision, FirstMedia, Astro, dll). Sebagian masyarakat yang jengah dengan tontonan reguler di televisi mulai mengadopsi Pay TV di rumahnya. Alasannya diawali dengan beragamnya pilihan stasiun dan jenis acara yang tersedia di Pay TV , mulai dari film, dokumenter, musik, fashion, anak, hingga berita. Namun ceritanya tidak berhenti sampai disitu.

Jaringan Pay TV (kabel atau satelit) yang menjangkau hingga ke banyak rumah merupakan sebuah bisnis yang sangat menarik. Dengan ditebarnya jaringan hingga banyak rumah, maka bukan cuma siaran TV yang bisa ikut disalurkan, tapi juga internet/data, VOIP, dan e-commerce bisa digelindingkan hingga ke rumah-rumah pelanggan.

Untuk itu, tidak heran jika para raksasa penyedia Pay TV berinvestasi habis-habisan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan. Indovision (MNC) kabarnya juga telah meluncurkan satelit baru yang bakal mampu dimanfaatkan untuk mengintegrasikan TV, mobile, internet, dan e-commerce. Sementara FirstMedia (Lippo) juga terlihat habis-habisan menggelar jaringan serta memasarkan internet+pay TV nya, dan mungkin berminat menghidupkan kembali bisnis e-commerce nya yang dulu meluncur sebelum masanya. Sementara Telkom nampak serius membenahi Telkomvision, terutama melakukan terobosan paket-paket murah untuk menjangkau daerah sub-urban, sedangkan tentang jaringan tentu kita semua sudah tahu kekuatannya. Astro berusaha memperkuat content, termasuk dengan memproduksi banyak content spesifik. Sementara itu, masih ada lagi satu pemain (AoraTV atau PT Karya Megah Adijaya) yang ber soft launching dengan menjual program siaran langsung olimpiade, kemudian juga berhasil mendapatkan siaran sepakbola Liga Inggris, kabarnya big commercial launchnya akan dilakukan awal tahun depan.

Makin menarik saja bisnis ini. What do you think ?


Posted by Andrias Ekoyuono
For Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia
picture taken from here

blog comments powered by Disqus