Mau ?

Tuesday, April 17, 2007

Industri telekomunikasi Indonesia makin ramai setelah diluncurkan 3 (Three) sebuah brand dari perusahaan telekomunikasi Hutchinson dengan tagline "Jaringan Selularmu". Akhir-akhir ini, iklannya telah wara-wiri di berbagai stasiun TV dengan frekuensi cukup tinggi. Juga telah muncul banyak baliho di berbagai tempat, serta juga telah muncul berbagai material promosinya di tempat-tempat penjualan handphone dan pulsa.

Iklan TV ( TVC ) dari 3 ini sudah ada 2 versi. Versi 1 menampilkan berbagai hal yang merupakan beberapa pencapaian kebahagiaan emosional yang diinginkan seseorang, seperti gambar orang menikah lalu juga gambar orang meloncat ke air dengan bahagia. Di versi 1 ini nampaknya digunakan untuk menanamkan kata "Mau ?" di benak para pemirsa. Sementara di iklan versi 2 menekankan pada Beli pulsa dapat 3X lipatnya.

Iklan versi 1 itu secara eksekusi bagus sekali, saya cukup salut melihat eksekusi iklannya yang menyentuh emosional serta cukup berbeda dengan operator selular lain. Namun iklan versi 2 sepertinya langsung menukik dengan menawarkan pulsa 3X lipatnya yang menjadi tidak berbeda dengan operator lain. Saya coba mengumpulkan pendapat dari beberapa rekan saya tentang iklan 3 ini, rata-rata mereka suka dengan iklan 3 versi 1. Namun ketika ditanya apakah mereka ingin membeli 3, maka hampir semuanya menjawab tidak, bahkan setelah melihat penawaran pulsa 3X lipat itu.

Memang diperlukan usaha yang luar biasa dari 3 dan juga operator-operator baru lain yang akan menyusul ( NTS, Sinar Mas Telecom ) untuk mencuri market share. Langkah awal Hutchinson dengan menyiapkan jalur distribusi yang kuat bagi 3 sudah benar, terbukti telah banyak toko di Jakarta yang menjual kartu perdananya. Langkah berikutnya dengan melaunching iklan 3 versi 1 yang menyentuh emosional cukup bagus untuk membangun awareness, khususnya bagi segmen menengah keatas yang menjadi target market dari operator pemilik lisensi 3G ini.

Namun komunikasi berikutnya ( iklan versi 2 maupun printAD dan baliho-baliho ) dengan langsung menawarkan pulsa 3X lipat sepertinya kok tidak memberi cukup alasan bagi calon konsumen untuk mencoba 3. Semua operator saat ini telah punya tawaran pulsa murah, mengapa harus mencoba 3 yang notabene operator baru yang belum tahu kualitasnya ? Jangan-jangan sinyalnya masih belum kuat di Jakarta ? Jangan-jangan susah dihubungi seperti ketika masa awal operator lain ?

Menurut saya, 3 mesti melakukan komunikasi tentang jaringannya yang kabarnya telah cukup luas dan mumpuni kualitasnya, sehingga dapat sedikit menghapus keraguan calon konsumen. Selain itu, event-event BTL (Below The Line) harus kencang dilakukan agar para calon konsumen bisa mencoba sendiri bagaimana kualitas dari 3 ini. Event BTL bisa dilakukan dengan pameran-pameran di Mall, promo ke kantor-kantor/sekolah, maupun event-event musik, dan lain-lain.

Mengingat begitu besarnya potensi pasar, maka 3 ini masih memiliki potensi untuk merebut pasar asalkan melakukan strategi marketing dan sales yang tepat. Tentu saja Hutchinson juga tidak mau investasi yang kabarnya mencapai 1,5 milyar dollar menjadi sia-sia :-)

what do you think ?

posted by andrias ekoyuono ( andri )
picture taken from here

7 comments:

tito said...

trus gimana? mo bantuin jualan mas? :D

venus said...

andri, maap OOT ;

udah sign petitiononline? ada di blogku. kalo bisa tolong sebarin di komunitas sampeyan ya? thx

Bang As said...

Namanya gak marketable, ya? kok cuma 3

andri said...

#tito
iya sih, amu bantuin buka lapak :-)

#venus
siap mbakyu !

#bang as
sebenarnya malah eye catching, cuman tergantung sama aktifitas marketing yang mendukung untuk memperkenalkan nama brand itu sendiri

mpokb said...

bagus juga, nambah pilihan satu produk. tapi nomor aye dari dulu nggak habis2, jadi belum kepikir beli lagi, hehe..

MAY'S said...

kalau semakin banyak produk masuk bisa diartikan perekonomian kita berada dalam kondisi Ok betul nggak? salam kenal ya...

Abudiarso said...

cefjrHEbat...hebat...hebat
Gue salut ama Three, kebetualn gue berkecimpung di telekomunikasi juga..gue bisa cerita dikit nih tentang three ini, sering gue dilapangan ketemu ama crew three bahkan outletnya sangat rutin dikunjungi untuk selalu memastikan ketersediaan produknya...walaupun di kotaku belum ada kantor layanan namun sinyal udah oke...mungkin sekarang yang harus dipikirkan pihak mangement three adlah kantor layanan...jujur gue udah grasain persaingannnya..apalagi ada sms gratis antar three...salut deh