tag:blogger.com,1999:blog-17673350.post2407390812564176182..comments2023-10-30T16:54:39.422+07:00Comments on Andrias Ekoyuono - Inspirasi dan Studi Kasus Marketing Indonesia: Gagal Dalam Produk Baru ? Repositioning Juga Bolehandrihttp://www.blogger.com/profile/11034046119051699461noreply@blogger.comBlogger4125tag:blogger.com,1999:blog-17673350.post-89986744443085706222008-10-05T21:36:00.000+07:002008-10-05T21:36:00.000+07:00ini skripsi saya ttg repositioning produkPenetapan...ini skripsi saya ttg repositioning produk<BR/>Penetapan Strategi Pemasaran untuk Repositioning Produk SGM Formula Baru dan Perluasan Segment Pasar<BR/><BR/>1) Diyan Febri Prabowo ; 2) Dyah Ismoyowati ; 2) Nafis Khuriyati<BR/><BR/>ABSTRAK<BR/><BR/>Strategi daur hidup produk adalah startegi yang diterapkan untuk mencapai laba semaksimal mungkin dalam waktu yang lama. Dalam usahanya, perusahaan berusaha mencari pengguna dan segmen pasar yang baru atau ingin melakukan repositioning (memposisikan kembali mereknya) untuk menarik segmen yang lebih besar, seperti yang dilakukan PT. Sari Husada dalam meluncurkan Susu SGM Formula Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi segmenting, targeting dan positioning perusahaan berdasarkan variabel kualitas berupa Harga, Bobot Kemasan, Promosi, Tampilan kemasan, Macam rasa, Jaminan Keamanan, Kemudahan Perolehan, Inovasi Formula Baru, dan Kemudahan penyajian produk tersebut. Alat analisis yang digunakan adalah uji hipotesis Chi-Square untuk uji karakteristik responden, model kompensatori untuk riset perceived quality serta STP, analisis faktor untuk mengelompokan atribut kualitas sesuai sikap konsumen dan analisis jalur untuk pengukuran kepuasan serta loyalitas konsumen. Sampel diambil sebanyak 100 responden yang disebarkan di wilayah Kota Yogyakarta, dengan menggunakan metode stratified random sampling. <BR/>Hasil penelitian menunjukan karakteristik responden berpengaruh signifikan terhadap atribut Harga dan tidak signifikan terhadap atribut Inovasi Formula. Susu SGM Formula Baru mempunyai nilai perceived quality total tertinggi terhadap produk pesaingnya yang memilki segment pasar menengah kebawah. Atribut kualitas harga, bobot kemasan, jaminan keamanan, kemudahan perolehan serta inovasi formula yang memiliki nilai performans tertinggi dibandingakan susu sejenisnya. Positioning dengan keunggulan tersebut, memiliki pesaing pada segmen yang sama yaitu Dancow Balita, Lactogen, Frisian Flag 123, Nutrilon, Lactona, Indomilk BioKids, dan Sustagen Junior. Dari proses factoring 9 atribut kualitas yang dipilih, maka atribut kualitas dapat direduksi menjadi dua faktor. Faktor 1 adalah faktor ekonomi dan inovasi serta Faktor 2 adalah fisik dan promosi. Faktor 1 dan 2 memilki korelasi sebesar 0,689 terhadap kepuasan dan 0,748 terhadap loyalitas. Korelasi antara kepuasan dan loyalitas sebesar 0,813. Strategi low price,variasi bobot kemasan dan kemudahan perolehan harus dipertahankan untuk mempertahankan konsumen lama. Repositioning dilakukan dengan promosi yang menonjolkan formula baru sehingga didapatkan segment pasar baru.<BR/><BR/>Kata Kunci: Analisis Faktor, Analisis Jalur, Chi Square, Perceived Quality, Strategi Pemasaran, Repositioning, STP, SGM Formula Baru.<BR/><BR/>1) Mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, UGM.<BR/>2) Staff Pengajar Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, UGM.<BR/><BR/>gmana tanggapanna www.ultimate_britzone@yahoo.comiyanhttps://www.blogger.com/profile/06808207017861681906noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-17673350.post-27750460502576436232008-02-15T15:00:00.000+07:002008-02-15T15:00:00.000+07:00Contoh lain kayaknya Google bisa tuh.. Beda dengan...Contoh lain kayaknya Google bisa tuh.. Beda dengan Yahoo yg menjadi pioneer search engine, sekaligus beusaha menjadi one stop solution. Nyediain berita, jualan, milis, games kalender, dll..<BR/><BR/>Sementara Google (awalnya) memposisikan diri sebagai search engine saja. Jadi orang lebih percaya kalau dia lebih optimal sebagai search engine.Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-17673350.post-43270356148077852842008-02-07T13:42:00.000+07:002008-02-07T13:42:00.000+07:00"Ada yang mau kasih contoh lain ?"wah, aLe ga mude..."Ada yang mau kasih contoh lain ?"<BR/><BR/>wah, aLe ga mudeng yg ginian ^^Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-17673350.post-85119502623790859522008-02-07T01:28:00.000+07:002008-02-07T01:28:00.000+07:00Kalo Google termasuk ga Mas?Kalo Google termasuk ga Mas?Anonymousnoreply@blogger.com